9 isi hantaran pernikahan adat jawa

Secara teori  seserahan memiliki arti  barang yang dibawa  keluarga pengantin pria kepada pihak wanita. Menurut  adat Jawa seserahan memiliki makna filosofis yang memiliki arti  pria sebagai kepala keluarga secara lahiriah mampu menafkahi istrinya. Dan simbolis nafkah ini diwujudkan dengan  bentuk seserahan pada prosesi lamaran.

Pada umumnya  keluarga pria akan membawa seserahan pada malam hari menjelang akad nikah yang biasanya  lebih dikenal  malam midodareni. Berapa banyak jumlah seserahan yang akan diberikan kepada pihak pengantin wanita, hal ini tergantung dari kesepakatan bersama tidak ada aturan tetapnya.

Namun orang Jawa  biasanya memiliki kesepakatan yang sesuai  kemampuan pihak pria
Orang Jawa mengutamakan kejujuran dan menjunjung  kesederhanaan dalam prosesi adat pernikahan, bukan serta merta  kemewahan.
secara garis besar makna seserahan harus dapat mewakili unsur nafkah pokok lahir bathin yaitu :
  •     Spiritual
  •     Sandang
  •     Pangan

Yang  berkaitan dengan sandang umumnya  adalah ‘sepengadeg’ yang  artinya adalah busana lengkap dari atasan hingga bawahan, termasuk peralatan make up dan asesories untuk wanita.

pangan, yang umumnya  dalam bentuk unsur karbohidrat yaitu jadah, jenang, dan  buah-buahan.

9 Jenis Barang seserahan pernikahan adat jawa yang biasanya digunakan pengantin pria untuk diberikan kepada pengantin wanita  yakni :

1. Seperangkat Alat Sholat
Seperangkat alat sholat merupakan  wajib bagi calon pengantin muslim. sebagai simbol bahwa pernikahan antara suami istri harus berpegang teguh pada nilai agama. 


2. Mas Kawin
Biasanya berupa Cincin akan diberikan sepasang. Satu untuk pengantin pria, satunya untuk pengantin wanita.


3. Perhiasan
jika calon mempelai pria memiliki kesanggupan dapat memberikan perhiasan berupa liontin, gelang dan kalung emas.

4. Satu set Busana Wanita/bakal kain
Dalam adat jawa memberikan pakaian seperti kain batik merupakan  hal penting karena mengandung makna yakni  sepasang pengantin harus pintar menyimpan rahasia rumah tangga mereka dari siapapun.


5. Buah-buahan
Biasanya buah yang digunakan  dalam seserahan berupa pisang, anggur, jeruk, apel. Harapannya memberikan kesegaran ketika  membina kemesraan dan cinta sepasang suami istri.


6. Makanan Tradisional
makanan tradisional dalam adat jawa biasanya  memberikan beras ketan yang diolah menjadi  wajik, jenang, kue lapis, dan jadah.
Maksud dan tujuan adalah agar cinta sepasang suami istri  dapat selalu bersama  sebagaimana makanan tersebut.

7. Suruh Ayu
Suruh  ayu memiliki makna  mendoakan keselamatan serta kebahagiaan kedua mempelai   untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

8. Seperangkat Peralatan Rias atau Makeup
Peralatan makeup memiliki makna  untuk menjaga penampilan calon istri supaya selalu terlihat cantik dan prima dalam mengarungi kehidupan berumah tangga.

jasa hantaran


9. Sepatu, sandal, selop
Sepatu sandal  sering kita jumpai pada seserahan pengantin jawa. memiliki makna kedua mempelai siap menjalani kehidupannya bersama dan menapaki mahligai rumah tangga dengan mantap dan berada selalu dijalan yang lurus.

jasa hantaran


Itulah 9 isi hantaran pernikahan adat jawa yang biasanya umum digunakan pada prosesi lamaran. Semoga menjadi informasi yang berguna untuk hantaran pernikahan anda.

..